DUKUNGAN KEMENTERIAN DAN ORGANISASI
ILUSTRASI. Hariyadi Sukamdani Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan di sepanjang 2020 akan lebih banyak investasi berupa Penanaman Modal Asing (PMA) dibandingkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan tren investasi di tahun depan meski diproyeksikan seimbang antara investasi asing dan dalam negeri, jumlahnya akan lebih banyak dari asing.

"Kemungkinannya, meski PMA akan lebih banyak dari PMDN selisihnya tidak jomplang. Bisa saja komposisinya 60% PMA dan sisanya 40% PMDN atau 55% PMA dan 45% PMDN," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (30/12).

Haryadi menyebutkan ada investasi dari lima negara yang kemungkinan masuk ke Indonesia di sepanjang 2020. Yakni China, Amerika, Jepang, Korea, dan perusahaan multinasional yang berbasis di Singapura.

Menurutnya, perang dagang membuat industri di China mencari lokasi baru untuk menghindari tarif impor Amerika Serikat (AS). Sementara, perusahaan AS mencari basis produksi yang netral dari China.

Kata Haryadi, investasi Jepang dan Korea ke Indonesia sudah mulai terlihat saat Kementerian Perindustrian bertandang ke dua negara tersebut. Hasil pertemuannya pun menghasilkan komitmen di dua sektor yakni sektor otomotif dan elektronik.

"Tahun depan kemungkinan banyak dari otomotif berhubungan dan mobil listrik, nikel, dan kimia dasar," ujarnya.

Haryadi bilang, Indonesia punya daya tarik untuk investasi padat modal. Namun belum terlalu menarik untuk yang padat karya. Padahal industri padat karya berdampak besar pada pemerataan pendapatan  dan penyerapan tenaga kerja.

Adapun saat ini industri padat modal terhambat karena masalah regulasi ketenagakerjaan.  Haryadi menjelaskan semua tergantung pada omnibus law yang akan mengakomodir upaya penciptaan lapangan kerja dalam skala besar. Kemungkinannya kalau berjalan mulus, industri manufaktur yang masuk akan besar.

There are no events in the selected category

KLIPPING BERITA